Lagi, Penghuni Lapas Kabur

JAYAPURA [PAPOS] -Sekitar 26 warga binaan Lapas Abepura terdiri dari 11 Narapidana dan 15 Tahanan, Sabtu (5/6) kemarin sekitar pukul 15.00 Wit, melarikan diri, dengan cara memanjat tembok bagian belakang dengan tali.

Ke 26 penghuni itu antara lain Tahanan Pilatus Tabuni, Mastinus Togogli, Maikel Tabuni,Yesriel Tolo, Banus Mabel, Stevanus Tabuni, Mara Kogoya, Pilatus Yando,Frengki Walilo, Yohanes Wenda dan Yansen Walilo.

Sedangkan Narapidana antara lain Samsudin Sineri, Maraim Wetipo, Yakob Dude, Farok Kosai, Viki Malita, Dampen Tabuni, Hemur Yakob Terop, Eli Wenda, Hans Yiwi, Amos LaliMaikel Kosay, Yakobus Toloim, Yaya Sakotarai, Eli Dewa.

Kalapas Abepura Drs. Liberti Sitinjak saat dikonfirmasi Papua Pos ,Minggu (6/6) kemarin, membenarkan atas kejadian tersebut.”Mereka kabur hari Sabtu tanggal 5 Juni sekitar pukul 15.00 Wit atau jam 3 sore dengan memanjat tembok belakang,”kata Sitinjak.

Saat kejadian hanya ada tiga sipir yang berugas jaga, sedangkan yang lain tidak hadir tanpa keterangan, padahan yang seharusnya bertugas hari itu ada 7 orang sipir.

Kalapas mengatakan, sesuai jadwal waktu itu warga binaan di keluarkan dari blok masing-masing untuk olah raga, namun hanya 3 sipir yang bertugas.

“Kemampuan mereka mengawasi tesbatas, disitulah warga binaan mencari kesempatan, seperti yang terjadi Sabtu kemarin dan beberapa waktu lalu,”jelasnya.

Untuk itu Kalapas sudah meminta bantuan pihak Kepolisian melakukan pencarian dan menangkap para narapidana dan tahanan yang kabur tersebut untuk dikembali ke Lapas Abepura,

Kalapas menambahkan, selain mintan bantuan pihak Kepolisian untuk mencari narapidana dan tahanan yang kabur itu, pihaknya juga akan membeck-up penjagaan Lapas Abepura, lantara pegawai belum sepenuhnya melakukan tugas dengan baik.[eka]

Ditulis oleh Eka/Papos
Senin, 07 Juni 2010 00:00

0 Response to "Lagi, Penghuni Lapas Kabur"

Papua Indonesia

Facebook Status RSS Feed Filter